Jumat, 14 Januari 2011

Peranan Tik

TIK sebagai Keterampilan (skill) dan Kompetensi


  1. Setiap pemangku kepentingan harus memiliki kompetensi dan keahlian menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk pendidikan
  2. Informasi merupakan "bahan mentah" dari pengetahuan yang harus diolah melalui proses pembelajaran
  3. Membagi pengetahuan antar peserta didik dengan yang lainnya bersifat mutlak dan tidak berkesudahan
  4. Belajar mengenai bagaimana cara belajar yang efektif dan efisien bagi pengajar, peserta didik dan stakeholder
  5. Belajar adalah proses seumur hidup yang berlaku bagi individu atau manusia
TIK sebagai Infrastruktur Pembelajaran
  1. Saat ini, bahan ajar banyak disimpan dalam format digital dengan model yang beragam seperti multimedia
  2. Para peserta didik-instruktur dan peserta didik-secara aktif bergerak dari satu tempat ke tempat lainnya
  3. Proses pembelajaran seharusnya dapat dilakukan dimana dan kapan saja
  4. Perbedaan letak geografis seharusnya tidak menjadi batasan pembelajaran
  5. "The network is the school" akan menjadi fenomena baru didalam dunia pendidikan


TIK sebagai Bahan Belajar

  1. Ilmu pengetahuan berkembang sedemikian cepatnya
  2. Pengajar-pengajar yang hebat tersebar di berbagai belahan dunia
  3. Buku-buku, bahan ajar, dan referensi diperbaharui secara kontinyu
  4. Inovasi memerlukan kerjasama pemikiran
  5. Tanpa teknologi, proses pembelajaran yang "up-to-date" membutuhkan waktu yang lama


TIK sebagai Alat Bantu dan Fasilitas Pembelajaran


  1. Penyampaian pengetahuan seharusnya mempertimbangkan konteks dunia nyatanya
  2. Memberikan ilustrasi berbagai feomena ilmu pengetahuan untuk mempercepat penyerapan bahan ajar
  3. Pelajar diharapkan melakukan eksplorasi terhadap pengetahuannya secara lebih bebas dan mandiri
  4. Akuisisi pengetahuan berasal dari interaksi antar peserta didik dan pengajar
  5. Rasio antara pengajar dan peserta didik proses pemberian fasilitas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar